Seluk Beluk Arsitektur, Ulasan Kampus dan Karya Terbaik

Arsitek, merupakan salah satu cita-cita yang paling populer untuk anak-anak Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita itu menjadi nyata,tentunya Anda harus mempelajari ilmu arsitektur lebih dalam lagi.

Untuk sedikit membuka gerbang pengetahuan Anda mengenai duniaarsitektur, berikut akan kami bahas seluk-beluk beserta tempat terbaikuntuk menuntut ilmu arsitektur.

Pengertian arsitektur

Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan.

Mulai dari lingkup makro (seperti perencanaan dan perancangan kota, kawasan, lingkungan, dan landscape) hingga lingkungan mikro (seperti perencanaan dan perancangan bangunan, interior, perabot, dan produk.

Namun, orang-orang lebih banyak mengenal arsitektur dalam arti yang sempit, yaitu sebagai ilmu dan seni perencanaan dan perancangan bangunan.

Dalam pengertian lain, istilah arsitektur sering juga digunakan untuk menggantikan istilah “hasil-hasil proses perancangan”.

Pengertian dari bererapa ahli

Arsitektur adalah seni dalam mendirikan bangunan, termasuk di dalamnya segi perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekorasi nya; sifat atau bentuk bangunan;proses membangun; bangunan dan kumpulan bangunan.

Banhart CL. Dan Jess Stein

Arsitektur adalah ruang tempathidup manusiadengan bahagia. Ruang berarti menunjuk pada semua ruangyang terjadikarena dibuat oleh manusia atau juga ruang yang terjadikarena prosesalam seperti gua, naungan pohon, dan lain-lain.

Van Romondt

Arsitektur sesungguhnya merupakankulit ketiga manusia. Arsitektur merupakan lingkungan buatan yang bukansaja menjembatani antara manusia dengan lingkungan melainkan sekaligusmerupakan wahana ekspresi kultural untuk menata kehidupan jasmaniah,psikologis, dan sosial manusia.

Robert Gutman

Arsitektur adalah sesuatu yang bersifat personal, menyenangkan dan memerlukan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga pengalaman arsitektur: aspek fisikal, emosional, dan kebutuhan intelektual.

Claudil

Dari beberapa pengertian para ahli di atas, kita dapat menyimpulkanbahwa arsitektur memang tak hanya sekadar perihal perencanaan danperancangan bangunan saja.

Namun juga menyangkut aspek-aspek yang lebihbesar dari padanya.

Universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia

Apakah Anda tahu bahwa arsitektur merupakan salah satu jurusan yangsangat diminati di Indonesia?

Sebab, katanya, masa depan dari seorang arsitek akan lebih mendapat “jaminan”. Maka itu, tak jarang orang yang saling berlomba untuk mendapatkan pendidikan arsitektur terbaik.

Bila Anda adalah salah satu di antara yang sedang mencari pendidikan arsitektur terbaik di Indonesia, Anda bisa menilik beberapa universitas yang akan dibahas di bawah ini.

Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat sekitar dua puluh lima universitas yang memiliki prodi arsitektur dengan akreditasi terbaik.

Beberapa universitas yang akan disebutkan ini adalah universitas-universitas yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk prodi arsitekturnya.

Beberapa universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia itu adalah:

S1 Arsitektur – Universitas Sebelas Maret

S1 Arsitektur – Universitas Sebelas Maret

Jurusan arsitektur di Universitas Sebelas Maret (UNS) telah berdirisemenjak tahun 1979.

Universitas yang berada di kota Surakarta ini membuka prodi arsitektur untuk memenuhi kebutuhan sarjana arsitektur dan menampung seluruh tamatan SMA di berbagai kota Indonesia yang memiliki minat dalam bidang arsitektur.

Untuk prospek kerjanya sendiri, lulusan arsitektur bisa bekerja di berbagai tempat di dalam maupun luar negeri.

S1 Arsitektur – Universitas Diponegoro

S1 Arsitektur - Universitas Diponegoro

Undip, adalah perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Semarang. Jurusan arsitekur Undip ini sendiri telah berdiri semenjak 10 November 1962.

Dengan usia yang sudah sangat matang tersebut tidak mengherankan jikaUniversitas Diponegoro berhasil masuk ke dalam daftar universitas denganjurusan arsitektur terbaik di Indonesia.

Prodi ini didukung dengan lima laboratorium berfasilitas lengkap sebagai penunjang proses belajar dan mengajar mahasiswa.

S1 Arsitektur – Institut Teknologi Sepuluh Nopember

S1 Arsitektur - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sebagai sebuah pusat studi berbau teknik, tak salah jika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini masuk ke dalam daftar universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia.

Prodi arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini telah berdiri cukup lama, yakni sejak tahun 1965.

Sebagai penunjang proses belajar mengajar, Institur Teknologi Sepuluh Nopember ini memiliki delapan laboratorium dan studiodesain.

Labolatorium tersebut mencakup:

  • Perumahan dan Permukiman
  • Sains Bangunan
  • Komputasi Arsitektur
  • Arsitektur Lansekap
  • Struktur dan Konstruksi
  • Perancangan (tugas akhir) Arsitektur
  • Perkembangan Arsitektur
  • Studio Perancangan Arsitektur

S1 Arsitektur – Universitas Gadjah Mada

S1 Arsitektur - Universitas Gadjah Mada

Sebagai perguruan tinggi yang berdiri di kota pendidikan, universitas yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi soal kualitas pendidikan. Prodi arsitektur Universitas Gadjah Mada telah berdiri semenjak 1962.

Universitas negeri terbaik di Yogyakarta inimenyediakan lima laboratorium arsitektur, yaitu:

  • Labolatorium Perancangan Arsitektur
  • Sejarah dan Perkembangan Arsitektur
  • Teknologi Bangunan
  • Perumahan dan Pemukiman
  • Perencanaan Kota dan Daerah.

S1 Arsitektur – Universitas Udayana

S1 Arsitektur - Universitas Udayana

Prodi arsitektur di Universitas Udayana sudah berdiri semenjak tahun1965 dan menjadi cikal bakal dari Fakultas Teknik yang ada di sana.

Saatini, prodi arsitekur di universitas negeri yang terletak di PulauDewata ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Bagi Anda yang berdomisili di Bali dan berminat untuk mempelajari arsitektur lebih dalam di perguruan tinggi, prodi arsitektur Universitas Udayana adalah salah satu pilihan terbaik.

S1 Arsitektur – Universitas Sumatera Utara

S1 Arsitektur - Universitas Sumatera Utara

Arsitektur Universitas Sumatera Utara menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang telah terakreditasi A dari BAN-PT.

Bagi Anda yang berdomisili di Sumatera Utara atau di daerah Sumatera lainnya dan berminat kuliah di jurusan arsitektur, Anda dapat memilih universitas ini sebagai pilihan terbaik.

S1 Arsitektur – Universitas Hasanuddin

S1 Arsitektur - Universitas Hasanuddin

Perguruan tinggi paling bungsu di jajaran PTBH (Perguruan Tinggi BadanHukum) ini memang sedang naik daun.

Sebagian besar prodi di Universitas Hasanuddin sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, termasuk jurusan arsitektur yang sudah memiliki akreditasi A semenjak tahun 2005.

Prodi arsitektur di universitas Hasanuddin ini sendiri didirikan pada 10 September 1963.

S1 Arsitektur – Institut Teknologi Bandung

S1 Arsitektur - Institut Teknologi Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan perguruan tinggi satu ini?

Sudah bukanmenjadi hal yang mengagetkan lagi ketika mengetahui perguruan tinggi negeri yang berada di kota Bandung satu ini menjadi kampus impian anak-anak SMA.

Maka, tak perlu heran juga bila jurusan arsitektur ITB menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, kan?

S1 Arsitektur – Universitas Indonesia

S1 Arsitektur - Universitas Indonesia

Sebagai universitas tertua dan ternama di Indonesia, Universitas Indonesia telah membuktikan kualitasnya yang luar biasa dengan akreditasi A di semua prodi S1 yang mereka buka.

Selain mendapatkan akreditasi dari BAN-PT, jurusan arsitektur di universitas Indonesia juga sudah terakreditasi oleh ASEAN University Network (AUN) pada tahun 2010.

Universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia

Anda merasa kurang tertarik untuk melanjutkan studi di dalam negeri?Namun, Anda masih berusaha untuk mencari jurusan arsitektur terbaikuntuk Anda nantinya?

Penjabaran selanjutnya mungkin akan menjawab apa yang Anda pertanyakan.

Dalam dunia internasional, beberapa universitas di bawah ini dipercaya sebagai universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di luar negeri.

Virginia Polytechnic Institute – Amerika Serikat

Virginia Polytechnic Institute - Amerika Serikat

Virginia Polytechnic Institute atau yang biasa disebut dengan VirginiaTech ini merupakan universitas yang dikenal dengan teknik arsitektur yang cukup diakui.

Perguruan tinggi yang terletak didaerah Pegunungan Appalachia ini menerapkan system pendidikan militer secara penuh untuk mahasiswanya.

Di antara 60 jurusan di programsarjana dan 140 jurusan di program master dan doctor, jurusan arsitektur dan lansekap di universitas inilah yang menjadi primadona.

Southern California Institute of Architecture (Sci-Arc) – Amerika Serikat

Southern California Institute of Architecture (Sci-Arc) – Amerika Serikat

Jika Anda memang benar-benar menyukai ilmu arsitektur dan ingin mengembangkan sudut pandang Anda di bidang tersebut, universitas ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Southern California Institute of Architecture (Sci-Arc) ini didirikan pada tahun 1972 olehbeberapa mahasiswa dan dosen Fakultas Arsitektur di Pomona.

Mereka ingin “mendobrak” pemahaman tradisional tentang arsitek dan berniat untuk mengubahnya menjadi eksperimen tak terbatas.

Universitas yang menjadikan “sekolah tanpa tembok” sebagai motto-nya ini merupakan lembaga independen di bidang pendidikan tinggi yang menawarkan program sarjana hingga magister. Menarik, bukan?

Namun, Anda tidak perlukhawatir. Walaupun universitas ini berdiri atas dasar pendobrakan, universitas ini sudah diakreditasi oleh lembaga penilai di bidang arsitek ataupun di bidang pendidikan bagian barat Amerika.

Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC) – Spanyol

Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC) – Spanyol

Universitas yang terletak di 22 distrik di Barcelona ini merupakan salah satu pusat arsitek dan urbanisasi dunia.

Di Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC), mahasiswa tidak hanya dibekali kemampuan menata kota, bangunan, dan manufraktur. Namun juga diajarkan tentang ekologi, energy, dan sejenisnya.

Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC) memiliki labolatorium produksi digital yang terbaik di Eropa Selatan.

Labolatorium tersebut memiliki pemotonglaser, printer 3D, dan lain sebagainya.

MIT School of Architecture and Planning – Amerika Serikat

MIT School of Architecture and Planning – Amerika Serikat

Universitas yang terletak di Cambridge, Masachusetts, Amerika Serikatini memang merupakan salah satu yang terbaik di bidang teknologi.

Danternyata, jurusan arsitektur yang dimilikinya pun memiliki pengajaranyang hampir menyeluruh di setiap detil ilmu arsitektur.

Hal tersebutlah yang membuat MIT School of Architecture and Planningmemegang kemenangan di bidang arsitekturnya.

MIT School of Architecture and Planning juga merupakan universitas pertama di dunia yang membuka program arsitektur.

Selain itu, universitas ini pun memiliki perhatian yang besar terhadap masalah penelitian. Hal ini akan membuat mahasiswa yang mengambil studi di sana bisa berkembang dengan luas. Anda ingin membuktikannya?

Architectural Association – Inggris

Architectural Association – Inggris

Architectural Association merupakan sekolah arsitek di Inggris yang secara resmi berdiri tahun 1890. Universitas ini telah melahirkan banyak sekali pemimpin di bidang arsitek di seluruh dunia.

Karenanamanya yang sudah kian melambung di bidang arsitektur, bahkan banyak pemimpin perusahaan arsitek tingkat dunia yang memiliki kecenderungan untuk merekrut alumni Architectural Association ketika mereka telah dinyatakan lulus nanti.

Universitas ini termasuk salah satusekolah arsitektur yang paling diperhitungkan dan paling kompetitif di dunia internasional.

Selain itu, universitas ini juga memiliki took buku sendiri, yaitu AA Bookshop yang menjual berbagai buku tentangarsitektur.

Para mahasiswa di Architectural Association juga pernah mendapatkan Penghargaan Stirling dan juga Penghargaan Pritzker.

Glasgow School of Art – Skotlandia

Glasgow School of Art – Skotlandia

Glasgow School of Art atau GSA ini merupakan satu-satunya sekolah seni dan desain setingkat universitas yang berdiri secara independen di Skotlandia.

Universitas ini pernah beberapa kali menjadi tuanrumah dari konsul penelitian seperti Konsul Penelitian Seni dan Humaniora, Konsul Penelitian Teknik dan Ilmu Fisika, Konsul Penelitian Ekonomi dan Sosial, serta penelitian lainnya.

Universitas inimenawarkan program sarjana dan magister dengan akreditasi terbaik didunia. Salah satu jurusan terbaik dari sekolah seni dan desain ini adalah jurusan arsitekturnya.

Alumni dari Glasgow School of Art juga sering menjadi nominator Penghargaan Turner dan sempat beberapa kali menjadi juara.

Technical University of Delft – Belanda

Technical University of Delft – Belanda

Universitas yang biasa dikenal dengan TU Delft ini merupakan salahsatu universitas yang memiliki program teknik dan arsitek terbaik di dunia.

Di Fakultas Arsitek Technical University of Delft ini memiliki empat jurusan, yaitu: Arsitektur, Urbanisme, Teknologi Pembangunan dan Perumahan, dan Real Estate.

Universitas inimenawarkan program bachelor, master dan post-master di bidang arsitektur.

Selain itu, Technical University of Delft ini juga akan membantu mahasiswanya untuk memahami lansekap arsitektur, membuat rumah,fisika pembangunan dan ketahanan iklim.

Royal Danish Academy Fine of Arts – Denmark

Royal Danish Academy Fine of Arts – Denmark

Royal Danish Academy Fine of Arts adalah sekolah seni yang terletak di Denmark. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan yang berorientasipada praktik.

Royal Danish Academy Fine of Arts ini akan mencontohkanpemahaman baru tentang arsitektur.

Sekolah arsitektur yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia ini hanya menerima sekitar 90-140 mahasiswa setiap tahunnya. Dengan satu kelasnya hanya terdiri dari 20 mahasiswa saja.

University of Tokyo – Jepang

University of Tokyo – Jepang

Universitas yang berlokasi di Tokyo, Jepang ini sesungguhnya memilikitugas yang cukup berat.

Sebab, negerinya sendiri seringkali dilanda gempa bumi yang membuat pekerjaan arsiteknya lebih rumit daripada yang ada di lokasi lainnya.

Di University of Tokyo, terutama di Fakultas Teknik, mereka menggunakan system belajar yang sesuai dengan pola pikir seorang insinyur.

Yaitu, bertanggung jawab di dalam penelitian, pengembangan, perencanaan, produksi, manajemen, dan aturan yang berkaitan dengan teknik dan aplikasinya.

Tujuan utama darihal tersebut adalah untuk berkontribusi dalam ketahanan dan pengembangan masyarakat di bidang penelitian untuk pembaruan dan inovasi teknologi.

Ilmu yang dipelajari di bidang arsitektur di sini antara lain bangunan-bangunan kuno dan cagar budaya, karakteristik gedung pencakar langit, produksi rumah, diagnose gempa, penguatan terhadap gempa dan lain sebagainya.

Arsitek terbaik di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memiliki bangunan-bangunanmegah yang namanya sudah diakui oleh mencanegara.

Dan, secara langsungmaupun tidak langsung, hal tersebut telah menegaskan bahwa Indonesia memiliki arsitek-arsitek dengan kemampuannya yang hebat.

Karena, tanpa adanya arsitek yang andal, tidak mungkin akan ada bangunan yang spektakuler di Indonesia.

Di bawah ini adalah beberapa arsitek terbaik Indonesia yang harus Anda ketahui:

Y.B. Mangunwijaya Pr.

Arsitek satu ini menempati posisi puncak dalam daftar arsitek terbaikdi Indonesia ini karena bukan hanya sumbangsinya pada arsitektur kita yang tidak terbatas. Namun juga meresap ke dalam ingatan dan jiwa.

Dalam bidang arsitektur sendiri, lulusan Teknik Arsitektur ITB tahun 1959 dan Rheinisch Westfaelische Technische Hochschule tahun 1966 ini dijulukisebagai bapak arsitektur modern indonesia.

Karyanya yang terkenal adalah Bentara Budaya Jakarta, berbagai gereja, dan kawasan pemukiman Kali Code.

Sebagai seorang humanis, beliau sangat peduli pada masyarakat kecil saat merancang pemukiman di bantaran Kali Code. Beliau tidak hanya berhenti pada pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan untuk memanusiakan manusia.

Y.B. Mangunwijaya memberikan pendampingan pada korban Waduk Kedungombo sampai berhasil ke Mahkamah Agung. Namun atas perlakuannya tersebut, beliau malah dicap sebagaikomunis oleh pemerintahan Orde Baru.

Selain seorang arsitek, Y.B. Mangunwijaya juga merupakan seorang sastrawan yang menghasilkan karyayang dipuji di Indonesia dan seluruh dunia. Sebut saja Burung-burung Manyar dan Roro Mendut.

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

Selain berhasil berkontribusi dalam pembangunan Museum Tsunami Aceh dan Rasuna Epicentrum, Ridwan Kamil juga diakui karena aktivitas sosialnya dan kontribusinya terhadap masyarakat.

Bahkan, aktivitas sosialnya itu berhasil mendapat perhatian dunia, salah satunya dengan penghargaan yang didapatnya dalam Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania pada 2013.

Penghargaan yang didapatkannya tersebut diberikan untuk pemimpin informal kota atau komunitas yang dinilai peduli dan berhasil memberikan sebuah solusi untuk wilayah tertentu dengan menyeimbangakan sektor sosial, ekonomi dan lingkungan.

Dan yang membanggakan, Ridwan Kamil merupakan orang Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

Fredrich S. Silaban

Fredrich S. Silaban, tokoh arsitektur

Fredrich S. Silaban merupakan arsitek kebanggaan Indonesia yang karya-karyanya menghiasi ibukota.

Siapa yang tidak kenal Monumen Nasional, Gelora Senayan, dan Masjid Istiqlal yang paling membanggakan itu?

Bangunan masjid terbesar di Asia Tenggara itu dirancangolehnya melalui sebuah sayembara.

Dan karyanya tersebut menjadi monumen toleransi di Indonesia. Anda tahu mengapa? Karena masjid terbesar di Indonesia itu dirancang oleh seorang Kristen.

Ia menyelesaikan pendidikan formal di H.I.S. Narumonda, Tapanuli tahun 1927, Koningen Wilhelmina School (K.W.S.) di Jakarta pada tahun 1931, dan Academic van Bouwkunst Amsterdam, Belanda pada tahun 1950.

Selain Masjid Istiqlal, Monumen Nasional menjadi hasil rancanganya setelah Soekarno memerintahkannya merancang ulang hasil sayembara sebelumnya.

Soejoedi Wirjoatmodjo

Soejoedi Wirjoatmodjo

Tahukah Anda siapa arsitek dari gedung MPR/DPR yang sangat ikonik itu? Soejoedi Wirjoatmodjo merupakan seorang arsitek berbakat yangmemenangkan sayembara untuk desain gedung MPR/DPR tersebut.

Iamerupakan arsitek lulusan ITB dan mengenyam pendidikan arsitek melalui beasiswa di Perancis di Ecole Superieure National des Beaux Arts, Parisdan Hoogeschool, Delft, Belanda.

Karya-karyanya antara lain Gedung Sekretariat ASEAN, Gedung Kedubes Prancis di Jakarta, Gedung Konsulat Indonesia di Beograd, Gedung KBRI di Kuala Lumpur dan Stasiun PLTA di Karang Kates, Jawa Timur.

Selain itu, Soejoedi turut merancang masterplan tata kota Kotamadya Pontianak, Kalbar, masterplan daerah pariwisata Nusa Dua, Bali, dan masterplan pengembangan pariwisata Jawa Tengah.

Warisannya adalah membawa bentuk arsitektur non-tradisional sebagai inspirasi arsitek-arsitek muda, rancangannya memberikan ruang interaksi sosial tanpa mengorbankan lingkungan sekitar.

Han Awal

Han Awal

Banyak yang tahu gedung arsip nasional, salah satu gedung kebanggaan Indonesia. Namun, belum banyak yang tahu siapa salah satu arsitek yang ada di balik pembangunan gedung tersebut.

Han Awal merupakan arsitek yang ikut berkontribusi dalam pembangunan Gedung Museum Arsip Nasional (pemugaran).

Han menyelesaikan pendidikannya dari pendidikan arsitek di Technische Hoogeschool di Delft, Belanda dan kemudian Technische Universitat, Berlin Barat, dan lulus tahun 1960.

Dalam karirnya, Han dikenal sebagai arsitek pemugaran (konservationis) bangunan-bangunan tua, karya pemugarannya meliputi Gereja Katedral Jakarta, Gedung Arsip, Gedung Bank Indonesia Jakarta Kota dan Gereja Immanuel.

Untuk sumbangannya di bidang budaya ini ia mendapatkan penghargaan rofesor AA Teeuw, guru besar kajian budaya Indonesia di Universitas Leiden, Belanda.

Penghargaa itu diberikan dua tahun sekali sejak 1992 kepada warga Indonesia atau Belanda yang dinilai berjasa meningkatkan hubungan kebudayaan kedua negara.

Raul Renanda

Raul Renanda

Beliau memulai karir bersama PT. Atelier 6 Jakarta pada tahun 1994. Pada waktu itu, Raul membuat desain gedung Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki dengan konsep kapal yang pelaksanaannya dimulai pada tahun 1996 dan baru diresmikan tahun 2010.

Beberapa karyanya yang familiar adalah desain Monumen Pejuang Tak Dikenal, Bus Shelter untuk DKI Jakarta, gedung Rollingstone Café di Amoera/Kemang, serta kantor KASKUS Networks.

Raul mempelajari berbagai gaya arsitektur seperti gaya retro-tropical-modern hinga desain classical architecture.

Kekayaan pengetahuan dan kemampuan Raul tersebut membuatnya sukses membuat berbagai keperluan desain arsitektur rumah-rumah mewah.

Hingga saat ini Raul Renanda masih aktif membuat desain arsitektur selain aktivitas lainnya seperti menulis buku dan melukis.

Arsitek terbaik di dunia

Di negara luar banyak ditemukan bangunan-bangunan dengan desai arsitektur yang begitu mengagumkan. Dibalik bangunan bangunan unik yang ada di dunia tentunya terdapat arsitek yang handal.

Berikut ini beberapa arsitek terbaik di dunia yang bisa dijadikan inspirasi bagi Anda yang memiliki impian menjadi seorang arsitek yang handal danterkenal.

Le Corbusier

Le Corbusier

Charles-Edouard Jeanneret, lebih dikenali sebagai Le Corbusier, ialahseorang arsitek Swiss yang dikenal atas sumbangsihnya terhadap teori-teori desain modern (modernisme).

Karya bangunan-bangunannya tersebar di berbagai wilayah Eropa, India, Rusia, dan Amerika. Ia menempuh pendidikan di La-Chaux-de-Fonds Art School.

Karirnya sebagai arsitek terbentuk sejak tahun 1907 yang ia jalani dari satu negara ke negara lainnya, seperti Perancis, Yunani, Turki, dan lain-lain.

Selain dikenal sebagai arsitek hebat, Le Corbusier juga merupakan perancang Bandar, pelukis, pengacara, dosen, dan pereka bentuk perabot.

Saat terjadi Perang Dunia I, Le Corbusier mengajar di almamaternya,La-Chaux-de-Founds Art School. Ia mengajar di sana sampai berakhirnyaperang tersebut.

Karyanya saat itu berjudul Domino House yang ia ciptakan di tahun 1914 sampai 1915. Desain itu menjadi patokannya dalam membuat sebagian karyanya dalam sepuluh tahun setelahnya.

Santiago Calatrava

Santiago Calatrava

Santiago Calatrava lahir pada tahun 1951 di Valencia, Spanyol. Ia lulus dari Institut Arsitektur di Valencia dan dari Federal Institute of Technology di Zurich.

Sebagian besar karya awalnya berada di Swiss dan Spanyol, di mana ia telah memamerkan desainnya dan memenangkan beberapa penghargaan.

Calatrava jarang sekali merancang bangunan-bangunan tertutup. Ia lebih menyukai membuat bangunan dengan struktur yang terbuka.

Seperti karyanya yang berupa Stasiun Kereta Api Stadelhofen, di Zurich, Swisspada tahun 1983-1984 dan Airport Sondica, di Bilbao, Spanyol pada tahun 1990-1999.

Oleh sebab itu, wajar jika Calatrava memiliki pengaruh besar dalam komunitas arsitektur Eropa.

Zaha Hadid

Zaha Hadid

Zaha Hadid lahir pada tanggal 31 Oktober 1950, di Baghdad, Irak. Ia menerima gelar di bidang matematika dari Universitas Amerika di Beirut sebelum pindah untuk belajar di Sekolah Asosiasi Arsitektur di London.

Awal karir yang ia tempuh adalah dengan bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, di Kantor untuk Metropolitan Arsitektur, di Rotterdam, Belanda pada tahun 1977.

Zaha Hadid dikenal atas karya-karya menakjubkannya yang menggabungkan latar belakangnya sebagaiseorang ahli matematika dengan arsitekur.

Ia membuat desain-desain futuristik bahkan ekstrim yang sering disebut dengan “ArsitekturDekonstruksi”.

Karyanya pernah dinominasikan untuk penghargaan bergengsi, termasuk MAXXI (2010), Phaeno Science Centre (2006), dan BMW Central Building (2005).

Gaya desain dari seorang Zaha Hadid bisa disebut desain yang berani, kontemporer, organik, dan inovatif dengan berani menggunakan teknologi sebagai material yang jauh dari kata biasa.

Kenzo Tange

Kenzo Tange

Kenzo Tange lahir di kota kecil Imabari, Jepang Selatan, pada tanggal4 September 1913.

Pada tahun 1935 dia memulai belajar dalam bidang arsitektur di “Department of Architecture at The University of Tokyo”, yang diselesaikannya pada tahun 1938.

Dia mulai dikenal masyarakat luas karena hasil studinya mendapat penghargaan dari “Tatsuno Prize”.

Kemudian mendapat pengalaman profesional bekerja sama dengan seniornya, Kunio Mayekawa, yang juga lulusan Universitas Tokyo.

SetelahPerang Dunia II, Tange memenangkan sayembara untuk mengabadikan momen pengeboman kota Hiroshima, “Hiroshima Piece Center”.

Setelah memenangkan sayembara itu, Tange membuka kantor konsultan pribadinya.

Kenzo Tange pernah bekerja untuk Le Corbusier pada tahun 1935-an, masa di mana arsitektur International Style, kubisme, fungsionalisme, sedang berkembang dan nantinya berpengaruh terhadap rancangan-rancangan karyaTange.

Pada karya-karya awal yang dihasilkan Kenzo Tange yaitumenggabungkan modernisme dengan arsitektur tradisional Jepang. Di akhir tahun 1960-an, beliau menghilangkan regionalisme dan beralih keInternational Style.

Beberapa karya di antaranya adalah Hiroshima Peace Memorial Museum, Hiroshima (1955), Kurashiki City Hall, Kurashiki, Okayama (1960), Yoyogi National Gymnasium for the 1964 Summer Olympics, Tokyo (1964).

Frank Owen Gehry

Frank Owen Gehry

Frank Gehry lahir 28 Februari 1929 di Toronto, Ontario, Kanada. Ia bekerja untuk Wdton Becket & Associates (1957-1968) dan Victor Gruen (1968-1961) di Los Angeles, serta untuk Andre Remondet di Paris (1961).

Kemudian dia menciptakan perusahaannya sendiri yang bernama Frank O. Gehry and Associates pada tahun 1967.

Proyeknya yang paling terkenal adalah Guggenheim Museum di Bilbao (Spanyol) yang kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1997.

Gehry dikenal akan karyanya yang menggunakan pendekatan ukiran, berkurva dan sering memakai logam yang mengkilat sebagai bungkusnya.

Gedung yang dirancangnya, termasuk tempat tinggal pribadinya di Santa Monica, California, telah menjadi tontonan bagi wisatawan.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan, museum dan pemerintah kota yang mencari Gehry untuk mengerjakan keperluan desain arsitekturnya.

Bangunan dengan arsitektur terunik di Indonesia

Pada zaman ini visual yang menarik dan unik akan selalu mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Tak terkecuali dengan arsitektur.

Gedung-gedung yang dirancang dengan “tidak wajar” akan selalu menjadi bahan perbincangan yang menarik. Di Indonesia pun memiliki beberapa bangunan dengan desain arsitekturnya yang unik.

Berikut ini adalah lima bangunan dengan arsitektur terunik di Indonesia.

Gunongan di Aceh

Gunongan di Aceh

Gunongan adalah sebuah bangunan unik berbentuk bukit atau gunung di Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada awal abad ke-17.

Konon, gunongan dibangun untuk mengobati kerinduan istri sultan, Puteri Phang, terhadap daerah asalnya di Pahang, Malaysia yang berbukit-bukit.

Tinggi bangunan yang terletak di Jl. Teuku Umar ini sekitar 9,5 meter danmemiliki tiga lantai.

Rumah Dome di Jogja

Rumah Dome di Jogja

Berangkat dari peristiwa gempa bumi dahsyat yang melanda wilayah Yogyakara dan sekitarnya pada tahun 2006 yang lalu, sebuah LSM asal luar negeri merancang bangunan rumah yang tahan terhadap gempa.

Tidak hanya kuat secara struktur, tapi visualnya pun begitu unik, yaitu mengadopsi bentuk kubah bulat seperti rumah Eskimo atau juga sering disamakan dengan rumah Teletubies.

Rumah-rumah unik tahan gempa ini berlokasi di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Yogyakarta.

Rumah Botol di Bandung

Siapa sih yang tidak tahu jika Walikota Bandung, Ridwan Kamil, adalah seorangarsitek? Maka wajar saja rumahnya di Jalan Cigadung itu memilikikeunikan tersendiri.

Sebagian bangunan rumah ini menggunakan botolminuman berenergi sebagai bahan konstruksinya.

Penggunaan botol minuman ini ternyata tidak hanya berfungsi menopang bangunan tetapi juga dapat menjadi sumber cahaya saat siang hari melalui sinar matahari yang menerobos masuk melewatinya.

Oleh karenanya, penghuni rumah tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.

Keunikan bangunan ini membuatnya diganjar penghargaan Green Design Award oleh BCI (Building Construction Information) Asia pada tahun 2009 menyisihkan bangunan-bangunan unik lainnya.

Selain membantu mengurangi sampah, penggunaan botol minuman untuk bangunan juga dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan karena udara panas akan terperangkap dalam botol.

Hal ini pada akhirnya juga akan mengurangi konsumsi listrik dan menghemat biaya.

Masjid “Kelenteng” di Surabaya

Masjid Kelenteng di Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya adalah sebuah masjid di Jalan Gading Surabaya yang memiliki bentuk yang unik karena menyerupai kelenteng. Didirikan oleh komunitas Muslim Tionghoa Surabaya, masjid ini selesai dibangun pada tahun 2002.

Nuansa Tionghoa sangat kental dalam bangunan masjid ini, mulai dari pintu masuk yang menyerupai pagoda hingga kehadiran relief naga dan patung singa.

Penamaan Cheng Ho sendiri diambil dari nama laksamana Dinasti Ming, China, yang memimpin ekspedisi ke Nusantara pada awal abad ke-15.

Bangunannya sendiri mengambil inspirasi dari Masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada tahun 996 yang terlihat pada bagian puncak, atap utama dan mahkota.

Sementara bagian bangunan lainnya mengambil dari arsitektur Timur Tengahdan Jawa.

Masjid “Kremlin” di Jogja

Masjid “Kremlin” di Jogja

Jika Anda bepergian menuju Solo dari Yogya, jangan lupa untuk mampir di Masjid “Kremlin” atau “Lollipop” yang terletak di Jalan Solo, Candisari, Kalasan, Sleman.

Masjid ini sangat unik karena bentukmenaranya mengadopsi bentuk bangunan Katedral St. Basil di LapanganMerah, Moskow, Rusia.

Karena arsitekturnya yang unik dan meriah seperti permen atau kastil di negeri dongeng, banyak yang menyangka bangunan ini merupakan arena permainan atau toko suvenir, bukan masjid.

Meskipun arsitektur luarnya mengambil inspirasi dari Rusia, bagian interior Masjid An-Nurumi ternyata bergaya Jawa lengkap dengan mimbarnya.

Menara Pinisi, Universitas Negeri Makassar

Menara Pinisi, Universitas Negeri Makassar

Beberapa universitas di Indonesia memiliki bangunan tinggi yang cukup ikonik karena desainnya yang unik. Salah satunya adalah Universitas Negeri Makassar (UNM).

Universitas ini memiliki bangunan yangterinspirasi dari perahu pinisi, simbol khas dari masyarakat Bugis. Gedung dengan nama lain Tellu Cappa (tiga puncak) ini merupakan hasil rancangan dari seorang arsitek bernama Yu Sing.

Memiliki tinggi 17 laintai, gedung kampus ini didesain dengan konsep utama kearifan lokal yang dipadukan dengan teknologi modern.

Pada malam hari, menara gedung tertinggi pertama di Indonesia yang menggunakan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid ini akan berkerlap-kerlip indah dengan 12 warna berbeda yang mewakili jumlah fakultas yang ada di UNM.

Binus Alam Sutera, Universitas Bina Nusantara

Binus Alam Sutera, Universitas Bina Nusantara

Gedung universitas lain yang memiliki desain unik adalah gedung Universitas Bina Nusantara yang terletak di kawasan Alam Sutera. Gedung setinggi 22 lantai dengan konsep zona teratur, ramah lingkungan, dan hemat energi ini dirancang oleh Budiman Hendropurnomo.

Konsep tersebut dituangkan lewat desain kotak-kotak pada gedung dengan banyak jendela besar guna memaksimalkan pencahayaan alami.

Selain itu, gedung ini juga memiliki penampungan air hujan yang bisa digunakan untuk pengairan lansekap, toilet, dan tentunya sebagai kotribusi dalam mengatasi krisis air tanah.

New Media Tower, Universitas Multimedia Nusantara

UMN, kampus penerima Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2013

Gedung universitas yang sempat menjadi pemenang pertama kategorigedung hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional(PEEN) tahun 2013 ini memiliki bentuk yang unik.

Bangunannya menyerupaicangkang telur dengan menonjolkan warna abu-abu dari perforated metal pada selubungnya.

Dengan konsep arsitektur ramah lingkungan dan teknologi tinggi, gedung 12lantai ini mampu menghemat energi sebanyak 53,25 kWH per tahun per meterpersegi.

Penggunaan double skin facade menggunakan alumunium panel ini mampu mereduksi panas hingga 70 persen.

Dindinggedung ini berpori dengan ukuran diameter tiap lubang yang berbeda guna menghasilkan cahaya yang maksimal.

Campuran superfoam dengan beton membuat dinding bisa mereduksi panas dan mampu meredam suara.

Regatta Towers

Regatta Towers

Gedung tinggi rancangan Tom Wright (WS Atkins Consultants, Inggris) ini memiliki konsep sederhana yang bertemakan bahari. Namun, tampilannya yang sangat dinamis membuat gedung ini sebaga ikon di tepi Teluk Jakarta.

Gugusan bangunan apartment menjadi perlambang kapaldengan layar terkembang yang berangkat mengikuti arah kompas dengan menyajikan pemandangan Laut Jawa.

Keunikan desain yang dimiliki oleh Regatta Towers ini berhasil mendapat penghargaan Prix d’Exellence tahun 2010 yang diberikan oleh Federasi Real Estate Indonesia, FIABCI.

Bangunan dengan arsitektur terunik di dunia

Tidakhanya di Indonesia, di luar negeri pun tersebar bangunan-bangunan unikbahkan dianggap aneh. Berikut ini adalah lima bangunan dengan arsitektur terunik di dunia yang sering diperbincangkan.

The Hashtag Tower, Korea Selatan

The Hashtag Tower, Korea Selatan

The Cross Tower atau Hashtag Tower adalah nama bangunan yang berada di kota Seoul, Korea Selatan. Simbol hastag sendiri sudah menjadi sangat populer di era media sosial dewasa ini.

Mengadopsi simbol tersebut, maka wajar saja jika The Cross Tower menjadi salah satu bangunan dengan arsitektur unik yang ada di dunia.

Hashtag Tower adalah sebuah bangunan 3 dimensi dengan menara horizontal dan vertical. Tiga buah jembatan dibuat sebagai penghubung antar 2 tower yang menjulang tinggi.

Gedung yang sangat impresif tersebut terdiridari 600 apartemen, perpustakaan dan galeri.

Di puncaknya ditutup dengan taman. Hashtag Tower menjadi simbol dari Yongsan Business District.

Wonderworks, Amerika

Wonderworks, Amerika

Sebuah bangunan entertainment yang sangat unik berada di Tennessee menjadi pusat atraksi bagi para pengunjung. Bangunan terbalik yang berada di kota Tennessee tersebut bernama WonderWorks.

WonderWorks memang sengaja membuat desain bangunan terbalik agar lebih menggoda pengunjung.

Ternyata, bangunan WonderWorks yang ada di Tennessee tersebut hanyalah salah satu dari 4 bangunan unik yang termasuk dalam WonderWorks Family Atrractions yang berada di Amerika.

Masih ada 3 bangunan serupa lainnya selain di Tennessee, mereka ada di Orlando, Panama City, Myrtle Beach, Syracuse dan West Nyack.

Dancing Building, Republik Ceko

Dancing Building, Republik Ceko

Dua buah bangunan di kota Prague, Republik Ceko berhasil mencuri perhatian banyak orang. Bukan hanya dalam negeri, melainkan negara lain di luar Republik Ceko juga tertarik melihatnya.

Bentuk bangunan yang meliuk bagaikan seorang penari tersebut, membuatnya diberi nama Dancing Building.

Dancing Building memberi nuansa yang romantis. Vlado Milunic dan Frank Gehry adalah 2 orang yang bekerja sama menciptakan 2 buah bangunan yang tampakseperti menari tersebut.

Kala itu, desain Dancing Buildingdianggap sebagai bangunan yang kontroversial.

Sekarang, Dancing Building berubah menjadi pusat budaya karena bentuknya yang unik dan dijadikan simbol dari kota Prague.

Turning Torso, Swedia

Turning Torso, Swedia, desain arsitektur melingkar

Turning Torso adalah nama yang diberikan untuk gedung yang menyajikan bentuk meliuk atau berputar di Swedia ini. Desain arsitektur tersebut tercetus dari gagasan seorang arsiek profesional bernama Santiago Calatrava.

Tidak hanya berbeda dari bangunan biasa, Turning Torso menjadi bangunan tempat tinggal yang tertinggi di seluruh Swedia. Dari bawah sampai ke atas, Turning Torso dibuat memutar 900.

The Crooked House, Polandia

Jika di Indonesia memiliki cerita legenda tentang rel bengkok, di Polandiaternyata memiliki Rumah Bengkok. Tapi rumah bengkok yang ada di Polandiaini bukan hanya legenda.

Rumah dengan nama The Crooked House ini merupakan bangunan unik untuk tempat perbelanjaan yang berada di downtown kota Sopot, Polandia.

The Crooked House pertama kali dibangun pada tahun 2004, dengan luas mencapai 4.000 meter persegi. Perancang bangunan tersebut adalah Szotynscy dan Zaleski.

The Crooked House sendiri adalah salah satu bagian dari Rezydent Shopping Center.

Oleh pembuatnya, sumber inspirasi dari The Crooked House adalah gambar dari dongeng dari Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

Rumah Upside-Down, Szymbark, Polandia

Rumah Upside-Down, Szymbark, Polandia

Daniel Czapiewsky, seorang pengusaha Polandia yang dermawan,membangun Upside Down The House sebagai pernyataan tentang era komunis dan akhir dunia.

Untuk membangun rumah terbaik ini, dibutuhkan waktu sebanyak 114 hari karena pekerja cukup kebingunan dengan sudut dinding.

Adanya rumah terbalik ini tentu menarik perhatian wisatawan yang datang ke desa kecil Szymbark.

Namun kabarnya, wisatawan yang telah berkunjung ke Upsode Down The House ini seringkali mengalami kepusingan hanya karenaberada beberapa saat di dalamnya.

Kayu Skyscraper, Arkhangelsk, Rusia

Kayu Skyscraper, Arkhangelsk, Rusia

Bangunan ini diberi julukan “pencakar langit kayu” oleh seorangmantan gengster, Nikolai Sutyagin. Awalnya, beliau hanya ingin membangunrumah dua lantai. Namun akhirnya, terus dilakukan pembaruan terhadaprumah ini.

Pertama, rumah ini hanya ditambahkan tiga lantai saja. Namun karena dirasa tampak kaku seperti jamur, beliau merombaknya lagidan lagi sebab selalu merasa tidak puas.

Hingga pada akhirnya, bangunan kayu skyscraper ini dianggap sebagai kecelakaan yang bahagia.

Bubble House, Tourettes-sur-Loup, Perancis

Bubble House, Tourettes-sur-Loup, Perancis

Rumah gelembung dari Touretter-sur-Loup, Perancis, hanya 35 tahun danmasih belum selesai.

Dirancang pada tahun 70-an oleh seorang arsitek yang bernama Antti Hungaria Lovag untuk perancang busana Pierre Cardin.

Desain bangunan ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan tipikal daerah pantai vulkanik d’Azur dan jendela yang jelas memberikan pemandangan Mediterania yang indah.

Rumah Inversi, Houston, Texas

Rumah Inversi, Houston, Texas

Ketika dua bangunan studio lama milik The Art League di Houston telahditetapkan akan dibongkar, mereka memutuskan untuk mengambil kesempatan tersebut untuk mengubahnya menjadi sebuah instalasi seni sementara.

Seniman Dan Havel dan Dean Ruckmengupas yang menjadi pelopor untuk ide unik tersebut.

Shoe House, Afrika Selatan

Shoe House, Afrika Selatan

Rumah Sepatu yan terletak di Afrika Selatan ini merupakan sebuah hasil karya dari seorang seniman dan perhotelan yang bernama Ron VanZyl. Beliau membangun Rumah Sepatu ini untuk istrinya pada tahun 1990.

Dengan fungsi sebagai museum kecil, Rumah Sepatu ini menampilkan ukiran kayu dari Van Zyl.

Rumah Sepatu ini merupakan bagian dari kompleks yang mencakup sebuah rumah tamu eight-chalet, perkemahan, restoran, kolam renang, dan bar.

Lou Ruvo Center For Brain Health

arsitektur penyok Lou Ruvo Center For Brain Health

Bangunan unik yang dirancang oleh seorang arsitek terkenal dunia, Frank Gehry, yang menjadi pusat kesehatan otak terkemuka di dunia untukberbagai penyakit otak degeneratif.

Bangunan ini memberikan fasilitas yang modern, seperti: laboratorium, dan komunitas auditorium.

Lou Ruvo Center for Brain Health yang unik ini resmi dibuka pada tanggal 13Juli 2009 di Las Vegas.

Meskipun desain eksteriornya tidak beraturan, tapi banyak orang yang kagum saat melihat bangunan tersebut.

Cubic House

Cubic House

Rumah Kubus ini menjadi salah satu bangunan yang unik dan modern.

Dibangun dengan gaya Renaissance yang letaknya di Rotterdam, rumah kubus tersebut sengaja dirancang sehingga pengunjung dapat merasakanbagaimana kehidupan dalam rumah kubus yang dilengkapi denganbarang-barang unik.

Banyak orang yang datang ke kota Rotterdam hanya untuk melihat keunikan dari rumah kubus tersebut.

House Attack

arsitektur nyleneh House Attack

Bangunan ini adalah karya seni modern pertama yang akan Anda lihatketika kalian berada di museum seni terbesar di Austria, Museum Moderner Kunst.

Setiap orang yang berjalan di bawah bangunan tersebut akanbergegas untuk menjauh karena bentuknya yang unik membuat orang bepikirbahwa rumah tersebut akan jatuh.

The Biomuseo

The Biomuseo

The Biomuseo ini merupakan museum di Panama yang dirancang oleh Frank Gehry.

Museum ini memiliki ruang seluas 4.000 meter persegi dan sebuah taman botani yang menampilkan keunikan struktur bangunan tersebut.

Setiap pengunjung yang lewat akan melihat galeri yang menggabungkan diorama interaktif sebuah ruangan.

Anda akan terpesona melihat warnanya yang beragam dan bentuknya yang unik.

Hal tersebut selalu berhasil membuat setiap mata pengunjung terfokus pada bangunan tersebut.

Urban Cactus

arsitektur aneh Urban Cactus

Jika dilihat dari kejauhan, bangunan ini sekilas akan tampak miripdengan kaktus. Ide untuk merancang bangunan ini pertama kali karena tempatnya yang berlokasi di area pelabuhan yang kering pepohonan.

Dari situlah, maka dibuat sebuah bangunan yang serupa dengan bentuk kaktus untuk memberikan warna hijau dari rumbuhan yang mengelilingi sudut bangunan tersebut.

The Basket Building

The Basket Building, arsitektur unik menyerupai keranjang

Apakah Anda dapat menyangka bahwa bangunan unik yang satu ini merupakan sebuah gedung perkantoran yang ada di Amerika Serikat?

Gedungini menjadi gedung dengan arsitektur terunik yang memproduksi keranjang kayu Maple buatan tangan dan keperluan rumah tangga lainnya.

Setiap orang yang melihat gedung ini akan penasaran dan ingin melihat desain interior dari bangunan tersebut. Apakah Anda juga?