Lirik Lagu Bhinneka Tunggal Ika – Lagu Wajib Nasional

lirik bhinneka tunggal ika

Informasi lirik, arti, makna dan sejarah lagu Bhinneka Tunggal Ika, salah satu lagu wajib nasional Indonesia yang ditulis oleh Binsar Sitompul dan A Thalib.

Daftar Isi

    Informasi Lagu

    Judul : Bhinneka Tunggal Ika
    Pencipta : Binsar Sitompul, A Thalib
    Golongan : Lagu Wajib Nasional

    Lirik

    Bhinneka Tunggal Ika
    Lambang Negara kita Republik Indonesia
    Beribu pulaunya, berjuta Rakyatnya
    Namun satu citanya
    Bhinneka Tunggal Ika
    Ikrar kita bersama,
    Kita bina selama Persatuan Bangsa
    Kesatuan jiwa Indonesia bahagia

    Makna dan Arti

    Berdasarkan Wikipedia Bahasa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Jika diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam” atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti “macam” dan menjadi pembentuk kata “aneka” dalam Bahasa Indonesia.

    Kata tunggal berarti “satu”. Kataika berarti “itu”. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

    Not Angka dan Chord

    not angka bhinneka tunggal ika