Pengertian, Fungsi dan Jenis Ilustrasi Dilengkapi dengan Gambar

pengertian ilustrasi

Berbicara tentang pengertian ilustrasi, sebuah seni yang tercipta dengan tujuan untuk memberikan kebahagiaan melalui sebuah keindahan,diperuntukkan agar dapat dinikmati bukan untuk dinilai.

Seni sulit dijelaskan bahkan jika dinilai tidak ada parameter yang dapat mengukurnya.

Seperti dalam seni rupa yang merupakan seluruh ungkapan atau ekspresi dari setiap pencipta seni rupa.

Semua karya diwujudkan atau dituangkan melalui pengolahan media, penataan elemen serta berbagai prinsip desain sehingga menciptakan karya yang bernilai.

Dalam seni rupa ada berbagai jenis seni, satu diantaranya adalah seni ilustrasi.

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa seni ini merupakan gambar yang mampu menjelaskan atau menerangkan sesuatu agar dapat dipahami.

Pengertian Ilustrasi Menurut KBBI

Ilus-tra-si

  1. Gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dsb
  2. Gambar, desain, atau diagram untuk penghias halaman sampul buku dsb
  3. Tambahan berupa contoh, bandingan, dsb untuk lebih memperjelas paparan

Meng·i·lus·tra·si·kan > Memberikan ilustrasi; bersifat men-jelaskan dng gambar; memberikan gambaran.

Pengertian Gambar Ilustrasi Menurut Para Ahli

Agar lebih jelas berikut adalah pengertian seni ilustrasi menurut beberapa ahli :

Pengertian ilustrasi dalam hubungannya dengan lukisan berkembang sepanjang alur sama dalam sejarah serta dalam banyak hal, keduanya sama.

Secara tradisional keduanya mengambil inspirasi karya-karya kesusastraan, hanya saja lukisan diciptakan guna menghiasi dinding ataupun langit-langit, sedangkan ilustrasi dibuat untuk menghiasi suatu naskah, mencatat peristiwa atau membantu menjelaskan cerita.

Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171)

Rohidi berpendapat bahwa pengertian ilustrsi berkaitan dengan seni rupa adalah penggambaran sesuatu melalui elemen rupa guna menerangkan, menjelaskan atau memperindah sebuah teks, supaya pembacanya dapat merasakan secara langsung melalui mata sendiri, kesan, dan sifat-sifat gerak dari cerita yang disajikan.

Rohidi (1984:87)

Suatu seni lukis atau seni gambar yang diabadikan untuk kepentingan lain, yang dapat memberikan penjelasan atau mengiringi sebuah pengertian, umpamanya cerita pendek di suatu majalah.

Soedarso (1990:1)

Sebagai ekspektasi dari ketidakmungkinan serta tak berbeda jauh dengan angan-angan, yang bersifat virtual atau maya.

Ilustrasi hadir dalam berbagai diverikasi.

Fariz (2009:14)

Berdasarkan pengertian di atas, lalu apa itu gambar ilustrasi ?

Pengertian gambar Ilustrasi adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Secara terminologi, apa yang dimaksud dengan gambar ilustrasi merupakan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa.

Sedangkan secara etimologi, kata “Ilustrasi” berasal dari bahasa Latin “Illustrare” yang berarti menjelaskan atau menerangkan.

Dalam bahasa Belanda disebut Ilustratie yang diartikan sebagai hiasan dengan gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas.

Ilustrasi pula berasal dari bahasa Inggris yaitu “Ilustrare” yang artinya menjelaskan.

Selain itu, ilustrasi juga dikatakan berasal dari kata ilusi. Pengertian ilusisebagai gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka.

Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan paham tentang pesan dalam suatu gambar.

Gambar ilustrasi yang merupakan karya seni rupa dua dimensi, dengan tujuan untuk memperjelas suatu pengertian.

Gambar-gambar ilustrasi biasa digunakan untuk menghiasi buku atau majalah dan surat kabar pada kolom-kolom tertentu. Biasanya Ilustrasi juga merupakan bentuk visual dari teks ataupun kalimat.

Bagi pecinta ilustrasi sendiri, selain bentuknya yang unik dan menarik dengan berbagai pesan, juga bisa sebagai edukasi kepada anak-anak yang lebih tertarik gambar karena belum mampu membaca dengan baik.

Ilustrasi juga bisa menggambarkan adegan dalam suatu cerita, maka gambar tersebut secara umum menerangkan karakter atau keseluruhan isi cerita.

Tidak hanya itu, ilustrasi juga berfungsi dalam menghias ruangan dan dipadupadankan dengan ornamen lainnya.

Sejarah Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi sudah ada sejak jaman prasejarah. Hal ini bisa dilihat dari lukisan dinding yang banyak ditemui pada masa prasejarah serta konsep tulisan hierioglif.

Pada tahun 1880 setelah perang dunia I, ilustrasi Amerika Serikat mengalami masa keemasan.

Pada saat itu para seniman melakukan eksperimen berbagai teknik dalam ilustrasi ditambah dengan populernya majalah, surat kabar dan buku berilustrasi lainnya.

Berbagai ilustrasi yang muncul pada saat itu kebanyakan seputar aspirasi bangsa Amerika. Seniman pada saat itu berada dimasa keemasan, mereka menjadi sangat terkenal dan menjadi kaya.

Nama seniman asal Eropa yang terkenal pada saat itu yaitu Aubrey Beardsley, Arthur Rackham, Edmund Dulac, Kay Nielsen dan Walter Crane.

Sejarah ilustrasi di Indonesia dapat dilihat dari lukisan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota yang ada di gua yang berlokasi di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan dan di pulau Papua.

Prinsip-Prinsip Gambar Ilustrasi

Dalam menggambar ilustrasi terdapat prinsi-prinsip yang harus diperhatikan yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Menarik dan mudah dimengerti
  2. Gambar ilustrasi yang dibuat harus menyesuaikan isi tulisan atau maksud dari cerita
  3. Ilustrasi yang dibuat harus sesuai dengan sasaran atau terget pembaca (anak-anak, remaja, dewasa)

Fungsi Ilustrasi

Dalam sebuah seni pastinya mempunyai peran dan tujuan dalam penyampaian pesan atau maksud tertentu, baik itu dalam menyampaikan nilai estetika atau sebuah pesan yang secara jelas dan nyata digambarkan seperti dalam seni ilustrasi.

Fungsi Ilustrasi

Setelah membahas pengertian tentang ilustrasi, sebuah ilustrasi memilikifungsi yang menjadikan ilustrasi terus berkembang. Berikut adalah fungsi ilustrasi:

Menarik perhatian

Sebuah ilustrasi dapat menghiasi gambar, buku dan majalah dengan sebuah gambar, biasanya dengan adanya gambar membuat pembaca lebih tertarik.

Sebaliknya jika tidak ada gambar atau ilustrasi akan terasa hambar dan kurang mengundang minat pembaca. Namun jika disertai dengan sebuah ilustrasi, maka akan semakin mengundang minat baca.

Mempermudah untuk memahami suatu pesan, keterangan atau penjelasan sebuah tulisan

Dengan adanya sebuah ilustrasi, tulisan akan dapat mudah dimengerti, pembaca akan lebih mudah dalam memahami bacaan atau sesuatu itu.

Tanpa disadari, sebuah ilustrasi ditempatkan sebagai bentuk pemahaman dan penjelasan serta sebuah peristiwa dalam contoh yang sederhana.

Sarana ungkapan pengalaman atas suatu kejadian

Ilustrasi juga dapat menjadi sarana ungkapan pengalaman atas suatu kejadian dan bisa jadi belum terjadi atau sebuah ekspresi yang tercipta melalui sebuah gambar, agar dapat dipahami oleh semua orang secara menyeluruh tanpa harus ditulis.

Menggambar Sesuatu

Gambaran mengenai isi atau pesan sebuah tulisan, dalam gambar biasanya tulisan tersebut singkat namun penuh makna, terkadang justru orang mudah paham dengan maksud-maksud tertentu dalam sebuah ilustrasi.

Mengandung Nilai Estetik

Selain untuk memberikan penjelasan tentang suatu tulisan, peristiwa ataukejadian, ilustrasi juga berfungsi sebagai nilai estetika dengan melaluigambar ilustrasi perwajahan.

Logo Perusahaan

Memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, salah satunya sebagai logo perusahaan.

Logo dalam sebuah perusahaan merupakan identitas yang sangat penting agar masyarakat mengenal bahkan mengingat perusahaan tersebut (branding)

Promosi Sebuah Produk

Untuk memasarkan sebuah produk dibutuhkan promosi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk tersebut.

Promosi bisa dilakukan melalui iklan baik dalam bentuk brosur atau pamflet, motion graphic, atau video lainnya.

Agar terlihat lebih menarik, tentu dalam brosur atau pamflet tidak hanya tulisan melainkan butuh sebuh ilustrasi.

Begitupun dalam pembuatan motion graphic tentunya melalui proses ilustrasi terlebih dahulu.

Packaging Produk

Dalam menjual sebuah produk, packaging sama pentingnya dengan produk yang akan dijual.

Ibarat sebuah cover dalam buku, packaging juga memiliki nilai yang penting dalam menciptakan ketertarikan terhadap produk yang ada di dalamnya.

Pada sebuah packaging biasanya terdapat ilustrasi yang membuatnya semakin terlihat menarik.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi ilustrasi secara umum. Adapun fungsi-fungsi dari ilustrasi adalah sebagai berikut (Arifin dan Kusrianto, 2009: 70-71).

Deskriptif

Fungsi deskriptif dari ilustrasi adalah menggantikan uraian mengenai sesuatu secara verbal dan naratif dengan menggunakan kalimat panjang.

Ilustrasi dapat dimanfaatkan untuk melukiskan sehingga dapat lebih cepat dan lebih mudah dipahami.

Ekspresif

Fungsi ilustrasi dalam memperlihatkan dan menyatakan sesuatu gagasan,perasaaan, maksud, situasi ataupun konsep yang abstrak menjadi yangnyata sehingga mudah dipahami.

Analitis atau Struktura

Ilustrasi dapat menunjukkan rincian bagian demi bagian dari suatu benda ataupun sitem atau proses secara detail, agar lebih mudah dipahami.

Kualitatif

Fungsi ini sering digunakan untuk membuat daftar, tabel, grafik, kartun, foto, gambar, sketsa, dan simbol.

Jenis Gambar Ilustrasi

Dalam perkembangan ilustrasi yang besar, tentunya membuat jenis dariilustrasi pun semakin beragam.

Berikut adalah berbagai jenis ilustrasi, diantaranya adalah:

1. Naturalis atau realis

Naturalis atau realis

Seperti jenisnya yang realis dan naturalis, ilustrasi ini dibuat sangat sesuai dengan kenyataan yang ada pada suatu objek tanpa pengurangan atau penambahan dari imajinasi sang pencipta.

Dengan hasil yang sesuai seperti objek maka bentuk dan warna akan sama seperti objek yang ada. Seperti pada sebuah pemandangan alam, yang biasanya digambarkan sesuai kenyataan.

2. Dekoratif

Dekoratif

Ilustrasi dekoratif yakni gambar yang berfungsi untuk menghiasi atau mendekorasi objek dengan suatu bentuk yang disederhanakan atau dilebih-lebihkan dengan gaya tertentu.

Dalam pembuatan ilustrasi dekoratif, ilustrator biasanya tidak meninggalkan ciri khas suatu objek.

3. Kartun

Kartun

Sebuah kartun identik dengan penampilan yang lucu atau mempunyai cirikhas tertentu yang menjadikan daya tarik.

Kartun juga hampir digemari semua kalangan meskipun kebanyakan diantaranya adalah anak-anak.

Kartun diciptakan untuk menggambarkan suatu peristiwa, selain itu biasanya gambar kartun banyak menghiasi majalah anak-anak komik, dan cerita bergambar.

4. Karikatur

Karikatur

Gambar karikatur sendiri adalah gambar yang dibuat penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Gambarnya dapat ditemukan pada majalah atau koran.

Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kesan kelucuan, kritikan atau sindiran yang dalam penggambarannya telah teradapat penyimpangan proporsi tubuh baik objek itu manusia atau hewan.

Karikatur dan kartun dibedakan karena gambar karikatur tidak menggambarkan suatu peristiwa, namun bisa menjadi bagian dari sebuah kartun.

5. Cerita Bergambar atau Komik

Cerita Bergambar atau Komik

Gambar ilustrasi dalam bentuk komik atau cerita bergambar terdiri atas rangkaian gambar yang diberi teks kemudian saling melengkapi dan memiliki alur cerita.

Adapun unsur karikatur ataupun kartun didalamnya yang semakin menarik. Bentuk komik sendiri dapat berupa buku maupun hanya beberapa lembar saja.

6. Karya Sastra

Karya Sastra

Biasanya ilustrasi sebuah karya sastra terdapat dalam buku pelajarandimana bertujuan untuk memberikan sebuah pengetahuan juga memperjelas dan mempertegas suatu peristiwa.

Bentuk ilustrasi ini dapat ditemukan pada cerita pendek, puisi, sajak yang akan lebih membuat menarik dan dapat menajadi gambaran dalam sebuah tulisan.

7. Ilustrasi Khayalan

Jenis ilustrasi yang satu ini menggambarkan ide atau imajinasi dari si pembuatnya.

Ilustrator bebas menggambar ilustrasi apapun sesuai dengan imajinasinya meskipun gambar yang dihasilkan bersifat fantasi atau tidak realis.

Tahapan Dan Proses Membuat Ilustrasi

Dalam membuat sebuah ilustrasi ada beberapa proses yang harus dilalui, berikut adalah penjelasan lebih lanjut bagaimana sebuah ilustrasi dapat tercipta:

Menentukan ide dan konsep ilustrasi berdasarkan cerita atau narasi

Dalam menentukan tema merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat ilustrasi.

Konsep dan ide yang menggambarkan sebuah cerita ataunarasi dapat menjadi permulaan awal yang akhirnya akan menjadi pegangan sampai membuat sketsa atau gambaran yang akan di lakukan selanjtnya.

Menentukan jenis ilustrasi yang akan dibuat

Setelah menemukan sebuah ide atau konsep sebuah ilustrasi, selanjutnyamenentukan jenis ilustrasi apa yang akan dibuat.

Berbagai jenis ilustrasi telah dibahas, mulai dari naturalis, dekoratif, kartun, karikatur, sampai dengan ilustarsi sebuah karya sastra.

Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuan pada objek gambar.

Artinya pada tahap ini, seorang ilustrator harus memperhatikan sebuah objek, semua sisi objek diperhitungkan agar menghasilkan gambar ilustrasi yang sesuai.

Menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi

Dalam tahapan ini, telah dibuat sketsa secara keseluruhan terkait objek yang akan di gambar disesuaikan dengan ide dan konsep yang sesuai dengan cerita atau narasi.

Agar adanya kesesuaian dengan tujuan awal dalam membuat ilustarsi.

Memberikan arsiran atau warna pada objek gambar sesuai karakter cerita

Tahapan terakhir adalah memberikan penegasan atau arsiran dan warna terhadap karya yang telah dibuat.

Dan bandingkan kembali dengan objek gambar dan disesuaikan dengan jenis ilustrasi yang telah dipilih.

Teknik Membuat Gambar Ilustrasi

Secara umum membuat gambar ilustrasi dibagi menjadi dua yaitu secara manual dan menggunakan alat seperti komputer.

Menggambar Secara Manual

Membuat gambar ilustrasi menggunakan tangan atau manual memiliki 8 teknik yakni sebagai berikut:

Out Line

Teknik out line merupakan teknik menggambar ilustrasi secara garis besar atau global tanpa memperhatikan unsur-unsur penting dalam menggambar seperti proporsi, komposisi, gelap terang sehingga gambar yang dihasilnya tidak detail dan cenderung datar.

Arsir

Menggambar dengan menggunakan garis putus-putus atau arsir yang dilakukan berulang-ulang secara teratur.

Untuk menghasilkan efek gelap terang, plastisitas serta volume dalam sebuah gambar, dibuat garis-garis yang saling menumpuk.

Blok

Gambar yang dihasilkan dengan cara blok cenderung datar karena teknik gambar ilustrasi yang satu ini tidak menggunakan unsur gradasi ataupun transisi.

Teknik ini dilakukan dengan memberikan warna secara blok. Perbedaan warna digunakan sebagai pembatas atau pembeda antar bagian pada objek yang digambar.

Dot

Seperti namanya yakni dot, teknik menggambar yang satu ini menggunakan titik-titik dalam membentuk sebuah ilustrasi.

Jumlah titik dalam satu area akan menghasilkan kesan gelap terang. Untuk menghasilkan kesan gelap terang yang jelas, maka jumlah titik yang digambar harus semakin banyak.

Goresan Kering (Dry Brush)

Dalam teknik goresan kering atau dry brush menggunakan cat atau tinta kering sebagai bahan utama dalam menggambar sebuah objek.

Warna yang dihasilkan menggambar dengan menggunakan cat atau tinta kering ini tidak merata sehingga dapat memberikan efek tekstur pada objek yang digambar.

Untuk menciptakan gelap terang menggunakan teknik ini cukup mainkan warna. Kamu bisa menggunakan warna terang untuk bagian terang dan begitupun sebaliknya.

Half Tone

Teknik yang satu ini kebalikan dari teknik dry brush dimana dalam menggambar sebuah objek menggunakan cat atau tinta yang cair.

Menggambar dengan teknik half tone cenderung memanfaatkan efek transisi warna dari terang ke gelap.

Scraperboard

Teknik menggambar yang satu ini dilakukan dengan membentuk garis saling sejajar dan tidak menumpuk dengan arah mengikuti volume objek.

Untuk menciptakan efek gelap garis yang dibuat saling rapat, sebaliknya jika ingin menciptakan efek terang garis yang dibuat harus renggang.

Siluet

Menggambar ilustrasi dengan menggunakan teknik siluet biasanya memiliki hasil akhir seolah seperti bayangan dengan warna tunggal dengan bentuk global.

Warna yang digunakan biasanya warna hitam dengan wujud warna yang pekat dan solid.

Secara Digital (Menggunakan alat komputer)

Selain secara manual, teknik menggambar ilustrasi juga dapat dilakukan secara digital atau menggunakan bantuan alat seperti komputer.

Ditunjang dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentu gambar ilustrasi digital semakin berkembang.

Dalam pembuatan gambar ilustrasi secara digital tentu menggunakan software pendukung seperti Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw dll.

Selain menggunakan software yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa alat yang digunakan selain komputer yaitu pen tablet atau tablet.

Manual dan Digital

Tidak hanya secara manual atau digital, membuat ilustrasi bisa menggunakan teknik campuran yakni secara manual dan digital.

Teknik menggambar ilustrasi secara manual dan digital dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat sketsa sesuai dengan ide dan konsep pada kertas putih dengan menggunakan pensil, spidol atau alat tulis lainnya.
  2. Scan sketsa yang sudah dibuat pada kertas agar bisa ditampilkan pada layar komputer sebagai pola acuan ilustrasi yang hendak dibuat.
  3. Lanjutkan menggambar ilustrasi di komputer dengan software (Photoshop/Adobe Ilustrator/Corel Draw/dll)
  4. Memberi warna pada ilustrasi yang sudah dibuat

Rangkuman

Beberapa daftar pertanyaan yang sering ditanyakan:

karya berikut yang termasuk ragam gambar ilustrasi adalah

Komik, Cover (cergam, cerpen, buku, dll), Ilustrasi karya sastra, Majalah.

Apa yang dimaksud dengan gambar ilustrasi

Ilustrasi adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Terangkan yang dimaksud dengan ilustrasi cerita

Ilustrasi cerita digunakan sebagai pengiring dalam cerita, yang terdapat pada media cetak, digital maupun elektronik.

Jenis ilustrasi

Naturalis atau realis, dekoratif, kartun, karikatur, cerita bergambar, karya sastra.